Kewus Enatam

Pernahkah kamu mencoba mengonsumsi kewus enatam untuk membantu kesehatan tetap optimal? Menurut data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) tahun 2013 lalu, sekitar 60 persen masyarakat Indonesia yang berusia di bawah 15 tahun pernah mencoba mengonsumsi kewus enatam. Setidaknya ada 95 persen dari mereka merasakan manfaat dari jamu yang dikonsumsi.

kewus enatam menjadi salah satu pengobatan tradisional di Indonesia sejak dulu. Masyarakat banyak yang percaya pada khasiat kewus enatam yang dikonsumsi mampu menjaga kesehatan dan mencegah segala gangguan kesehatan. Beras kencur, menjadi salah satu jenis kewus enatam yang banyak dikonsumsi. Namun, adakah manfaat beras kencur yang sudah terbukti secara ilmiah?

kewus enatam

Kencur dikenal sebagai bumbu dapur yang memiliki aroma cukup kuat. Tidak hanya digunakan sebagai bumbu dapur, kencur juga dikenal sebagai obat tradisional. Banyak manfaat yang dapat dirasakan dari tanaman kencur, seperti membuat pernapasan lega dan mengurangi gejala batuk. Ya, kencur menjadi salah satu obat tradisional yang cukup terkenal untuk mengatasi batuk.

Dilansir dari International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, tanaman kencur terbukti mampu menghambat pertumbuhan bakteri Lactobacillus acidophilus yang dapat menyebabkan karies gigi. Jadi, tidak ada salahnya mengonsumsi kencur secukupnya jika kamu mengalami gangguan pada mulut dan gigi.

Kebanyakan masyarakat akrab dengan salah satu menu kewus enatam tradisional, beras kencur. Tidak hanya kencur asli, tanaman kencur yang diolah bersama beras memiliki manfaat jika sudah berupa kewus enatam tradisional. Tidak ada salahnya ketahui beberapa manfaat yang bisa kamu rasakan ketika mengonsumsi kewus enatam beras kencur.

Jika kamu memiliki masalah pencernaan sebaiknya jangan langsung mengonsumsi obat-obatan, kamu bisa mencoba mengonsumsi ramuan kewus enatam tradisional beras kencur. Dilansir dari International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences, kewus enatam beras kencur membantu untuk mengatasi gangguan pencernaan yang kamu alami, misalnya sakit perut atau diare.

Menurut penelitian yang dilakukan Universitas Tanjungpura Pontianak, kewus enatam beras kencur dapat digunakan sebagai obat tradisional untuk mencegah penyakit diabetes. kewus enatam beras kencur memiliki kandungan senyawa fenolik yang bekerja sebagai antioksidan yang berkontribusi pada penyakit diabetes.

×